Selasa, 05 Maret 2013

KISI-KISI UTS GENAP BIO-KIMIA KELAS X dan XII.IPA

Prediksi Kisi-kisi Ulangan Tengah Semester Genap 
Biologi Kimia Kelas X dan XI.IPA

Mata Pelajaran         : Biologi
Kelas                       : X1-X2
Bentuk Soal             : 25 PG dan 5 Essay
Waktu                     : 120 menit
Standar Kompetensi : 3. Memahami manfaat keanekaragaman hayati

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Indikator Soal
3.1.   Mendeskripsikan konsep keanekaragaman gen, jenis, ekosistem, melalui kegiatan pengamatan
Keanekaragaman hayati pada tingkat: Gen, Jenis & Ekosistem
Mendeskripsikan keanekaragaman spesies
3.2.   Mengkomunikasikan keanekaragaman hayati Indonesia, dan usaha pelestarian serta pemanfaatan sumber daya alam
Pembagian daerah fauna Indonesia menurut  Walece dan Weber
Mendeskripsikan pembagian wilayah flora dan fauna Indonesia
Berbagai tipe bioma yang ada di Indonesia Berbagai peranan keanekaragaman hayati bagi manusia
Mendeskripsikan berbagai tipe bioma yang ada di Indonesia
Konservasi /perlindungan keanekaragaman hayati meliputi: In-situ, Ex-situ
Membedakan pelestarian in-situ dan ex-situ

Contoh bentuk pelestarian melalui in-situ
3.3.   Mendeskripsikan ciri-ciri Divisio dalam Dunia Tumbuhan dan peranannya bagi kelangsungan hidup di Bumi

Ciri umum Dunia Tumbuhan

Mendeskripsikan ciri umum Dunia Tumbuhan
Klasifikasi tumbuhan
Menyebutkan tumbuhan yang termasuk ke dalam Plantae
Divisi tumbuhan lumut (Bryophyta) meliputi:
Ciri-ciri umum Bryophyta
Mendeskripsikan ciri umum tumbuhan lumut
Struktur tubuh Bryophyta
Menentukan bagian-bagian struktur tubuh lumut berdasarkan pengamatan
Siklus hidup Bryophyta
Menjelaskan siklus hidup tumbuhan lumut
Contoh dan Peranan Bryophyta
Menyebutkan contoh lumut dan perananya bagi manusia
Divisi tumbuhan paku (Pteridophyta) meliputi:
Ciri umum tumbuhan paku
Mendeskripsikan ciri umum tumbuhan paku
3.3.  Mendeskripsikan ciri-ciri Divisio dalam Dunia Tumbuhan dan peranannya bagi kelangsungan hidup di Bumi

Struktur tubuh tumbuhan paku
Menyebutkan bagian tumbuhan paku berdasarkan pengamatan
Siklus hidup tumbuhan paku
Menjelaskan bagian siklus hidup (perkembangan) paku

Menggambar bagan alir siklus hidup tumbuhan paku homospora
Peranan tumbuhan paku
Menyebutkan  peranan/ manfaat  paku bagi manusia
Divisi bagi manusia tumbuhan berbiji (Spermatophyta)
Ciri umum tumbuhan berbiji
Mendeskripsikan ciri umum tumbuhan berbiji
Klasifikasi tumbuh berbiji
Mengklasifikasikan tumbuhan berbiji
Menentukan penggolongan tumbuhan berbiji berdasarkan ciri-ciri yang teramati dari data hasil pengamatan
Ciri-ciri, klasifikasi, contoh dan peranan Gymospermae
Memberikan contoh tumbuhan yang termasuk Coniferae (Gymonspermae)
Ciri-ciri, klasifikasi contoh dan peranan Angiospermae meliputi monokotil dan dikotil
Menyebutkan salah satu perbedaan antara tumbuhan monokotil dan dikotil berdasarkan daun dan akarnya
Mengelompokan tumbuhan dikotil
Mengelompokan tumbuhan monokotil berdasarkan ciri-ciri melalui pengamatan gambar
Siklus hidup Angisopermae
Menjelaskan pembuahan ganda pada sikus hidup tumbuhan biji tertutup
Menentukan perkembangbiakan vegetatif tumbuhan berbiji tertutup melalui gambar
Struktur tubuh (akar, batang, daun, dan bunga) tumbuhan berbiji
Menentukan nama bagian-bagian bunga tumbuhan berbiji tertutup
Peranan tumbuhan berbiji bagi manusia
Menyebutkan peranan tumbuhan berbiji bagi manusia


Mata Pelajaran         : Kimia
Kelas                       : X2-X7
Bentuk Soal             : 20 PG dan 5 Essay
Waktu                     : 120 menit
Standar Kompetensi : 
3. Memahami sifat-sifat larutan non elektrolit dan elektrolit, serta reaksi oksidasi-reduksi
4. Memahami sifat-sifat senyawa organik atas dasar gugus fungsi dan senyawa makromolekul



Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Indikator Soal
3.1 Mengidentifi-kasi sifat larutan non elektrolit dan elektrolit berdasarkan data hasil percobaan
o Larutan elektrolit dan non elektrolit

o Mengidentifikasi sifat-sifat larutan elektrolit
o Menyebutkan contoh larutan elektrolit
o Jenis larutan berdasarkan daya hantar listrik

o menentukan larutan elektrolit dan non elektrolit berdasarkan data hasil percobaan.
o Menjelaskan penyebab kemampuan larutan elektrolit menghantarkan arus listrik.
o Jenis larutan elektrolit berdasarkan jenis ikatan
o Mendeskripsikan bahwa larutan elektrolit dapat berupa senyawa kovalen
o Mendeskripsikan bahwa larutan elektrolit dapat berupa senyawa ion
3.2  Menjelaskan perkembangan konsep reaksi oksidasi reduksi dan hubungannnya dengan tatanama senyawa serta penerapannya
o  Konsep oksidasi-reduksi
o Memberikan contoh  konsep oksidasi-reduksi ditinjau dari penggabungan dan pelepasan oksigen
o  Bilangan oksidasi unsur dalam senyawa atau ion
o Menentukan bilangan oksidasi  unsur dalam suatu senyawa
o Menentukan rumus senyawa jika unsur-unsur diketahui bilangan oksidasinya
o Menentukan reaksi reduksi-oksidari dalam persamaan reaksi kimia
o Menentukan senyawa yang berperan sebagai reduktor dalam redoks
o Menentukan hasil oksidasi dalam redoks
o Tatanama senayawa berdasarkan Bilangan Oksidasi
o Memberi nama senyawa menurut aturan IUPAC.
o  Aplikasi redoks dalam memecahkan masalah linhkungan
o  Mendeskripskan konsep larutan elektrolit dan konsep redoks dalam memecahkan masalah lingkungan.
4.1 Mendeskripsikan kekhasan atom karbon dalam membentuk senyawa hidrokarbon
o  Kekhasan atom karbon
o  Menjelaskan salh satu kekhasan atom karbon dalam senyawa karbon.

o  Atom C primer, sekunder, tertier dan kuarterner
o  Membedakan atom karbon primer, sekunder, tertier dan kuarterner.
4.2 Menggolongkan senyawa hidrokarbon berdasarkan strukturnya dan hubungannya dengan sifat senyawa
o  Alkana, alkena dan alkuna

o  Mengelompokkan senyawa hidrokarbon berdasarkan bentuk rantai karbon

o  Menjelaskan perbedaan senyawa hidrokarbon berdasarkan kejenuhannya dan memberikan contohnya


Anda dapat men-DOWNLOAD kisi-kisi dan soal dengan meng-KLIK tautan berikut:
KISI-KISI DAN SOAL UTS GENAP BIOLOGI KELAS X
KISI-KISI DAN SOAL UTS GENAP KIMIA KELAS X
KISI-KISI DAN SOAL UTS GENAP KIMIA KELAS XI.IPA

2 komentar: